Alamat Alfamind

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

5 Langkah Menawarkan Produk Secara Efektif!

Sumber: Freepik

Sering menawarkan produk ke konsumen tapi masih gagal terjual? Proses menawarkan produk menjadi tantangan tersendiri terutama bagi penjual yang sering melakukan promosi secara langsung ke calon konsumen (personal selling).

Ketika menjalankan sebuah bisnis secara online maupun offline, kemampuan menawarkan produk sangat berpengaruh terhadap hasil penjualan. Kita perlu menemukan cara yang paling efektif untuk menarik konsumen dalam membeli produk kita. Dibutuhkan ketekunan, konsistensi serta langkah yang tepat untuk menemukan formula terbaik kita dalam melakukan mempromosi

Sobat, kamu masih kesulitan menawarkan sebuah produk? Simak dan terapkan 4 langkah menawarkan produk berikut ini:

1. Pahami Kebutuhan Konsumen Kamu

Ketika menawarkan produk, jangan sampai kamu lebih banyak membicarakan tentang dirimu. Lebih baik kamu cari tau kebutuhan konsumenmu dengan banyak mendengar cerita & keluh kesahnya. Kenali juga minat & karakter calon pelangganmu dari cerita-ceritanya. 

Dari situ kamu akan paham masalah apa yang sedang dialami konsumenmu. Cari tau produk apa yang bisa membantu konsumenmu menyelesaikan masalahnya.

Contoh:

Konsumenmu di tahun ini ingin fokus untuk lebih rajin berolahraga, agar dirinya lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Coba tawarkan tanyakan olahraga apa yang ingin dilakukan temanmu. Jika temanmu ingin olahraga di rumah saja, kamu bisa menawarkan tradmill atau produk sejenis.

2. Jelaskan Keuntungan & Manfaat Produk yang Kamu Tawarkan

Kamu sudah tau produk apa yang dibutuhkan konsumenmu? Lanjutkan dengan menawarkan produk yang sesuai minat atau kebutuhan mereka. Deskripsikan produknya, keuntungan & manfaat apa saja yang konsumenmu dapat.  Berikan juga foto produk atau video produk agar konsumenmu semakin tertarik!

Contoh:

Coba jelaskan fitur produk treadmill yang kamu tawarkan seperti kelebihan bisa melacak kalori yang terbakar atau bisa disesuaikan kecepatannya.

Kamu bisa tunjukkan juga video atau foto dari pengguna di sosial media yang menggunakan produk tersebut.

3. Tawarkan Promo Menarik

Buat konsumenmu lebih tertarik dengan memberikan promo! Di Alfamind, ada banyak promo yang bisa kamu tawarkan seperti diskon, bonus hadiah atau gratis ongkir.

Buat konsumenmu merasa istimewa dengan membuat seolah-olah promo itu spesial untuknya.

Contoh:

Katakan bahwa khusus untuk konsumenmu, treadmill tersebut akan didiskon 10%.

4. Yakinkan dengan Memberikan Testimoni

Bangun keyakinan yang lebih kuat untuk konsumenmu. Caranya, kamu bisa memberikan testimoni konsumenmu yang sudah membeli produk tersebut. Jika produkmu belum pernah laku, cobalah cari testimoni orang lain di media sosial yang menggunakan produk tersebut.

Pastikan kamu menunjukkan testimoni yang positif. Dengan begitu, konsumenmu tidak akan ragu karena ada bukti yang kuat pada produk yang kamu tawarkan.

Contoh:

Jelaskan jika produk treadmill yang kamu tawarkan sudah dibeli oleh beberapa orang dan mereka semua merasa puas. Tunjukkan kepuasan mereka dari bukti chatmu dengan mereka.

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Pastikan kamu selalu memberikan pelayanan terbaik. Coba tawarkan produk dengan bahasa yang sopan, ramah dan tidak terkesan memaksa.

Jadilah penjual yang informatif dengan menguasai spesifikasi produk. Sehingga ketika konsumenmu bertanya, kamu bisa memberikan jawaban yang meyakinkan dan jelas. 

Contoh:

Konsumenmu ragu jika treadmill yang dipesan tidak akan awet.

Pastikan kamu menjawab pertanyaan konsumenmu secara informatif dengan menjelaskan bahan apa yang digunakan sebagai rangka treadmill & jaminan ketahanan produk dari brand yang kamu jual sehingga mereka lebih yakin.

Ikuti langkahnya yuk Sobat biar kamu bisa transaksi produk pertamamu!

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *