Alamat Alfamind

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

cara membuat katalog produk di canva

Cara Membuat Katalog Produk yang Eye Catching di Canva!

Sumber: Canva.com

Sobat, katalog produk adalah salah satu sarana penunjang publikasi untuk mempromosikan beberapa produk atau jasa yang ditawarkan. Katalog memudahkan calon konsumen untuk memperoleh informasi lengkap mengenai daftar produk, harga, dan keterangan lain yang menyangkut produk. 

Ada berbagai software yang dapat digunakan untuk mendesain katalog, mulai dari Photoshop, Illustrator, hingga Canva. Untuk pemula yang tidak memiliki kemampuan desain, Canva bisa jadi pilihan terbaik karena mudah dioperasikan dan tentunya gratis. Kamu mau membuat katalog untuk toko kamu? Simak cara membuat katalog produk yang eye catching di Canva berikut ini:

Langkah Membuat Katalog Produk di Canva

  • Buka Canva & cari “Katalog Produk”
  • Pilih template katalog produk yang kamu suka
  • Klik template yang kamu suka dan klik “Customize This Template”
  • Edit teks di template sesuai judul yang kamu mau. Kamu bisa buat judul seperti “Rekomendasi Produk Diskon” atau “Katalog Toko (nama toko kamu)”
  • Unggah gambar-gambar produk yang sudah kamu siapkan dengan klik “Uploads”. Jika sudah tarik/drag foto produk yang ingin kamu masukkan dan arahkan ke template gambar yang tersedia
  • Ubah keterangan nama produk & harga
  • Jika sudah selesai, klik “Share” dan pilih “Download”
  • Kamu bisa memilih beberapa bentuk file, mulai dari JPG sampai PDF. Namun bentuk file PNG lebih disarankan oleh Canva. Klik “PNG” dan katalog produk kamu sudah siap dipublikasikan.

Setelah memahami cara membuat katalog produk di Canva, kamu perlu perhatikan beberapa hal berikut agar hasil katalog produk kamu memiliki kualitas yang baik: 

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Membuat Katalog

  1. Foto Produk yang Berkualitas

Pastikan kamu mengunggah foto produk yang memiliki kualitas gambar yang jernih dan pencahayaan yang cukup. 

  1. Keterangan nama produk & harga yang harus jelas terbaca

Pilih jenis font yang simpel dan mudah dibaca. Contohnya font Arial, Poppins, atau Helvetica. Kemudian sesuaikan ukuran font agar tidak terlalu kecil sehingga tetap dapat terbaca

  1. Pilih warna yang tidak terlalu mencolok

Untuk urusan warna kembali ke selera masing-masing pembuat. Namun akan lebih baik jika kamu memilih warna-warna yang soft sehingga pembaca tetap nyaman melihat katalog meski dalam jangka waktu lama. Untuk background, gunakan warna dasar seperti cream, abu-abu muda, putih, hingga biru muda. Sementara untuk font, pilih warna yang pekat seperti hitam atau biru tua.

Setelah mengetahui cara membuat katalog produk di Canva, kamu bisa terapkan langkah-langkahnya untuk mempromosikan produk yang kamu jual.  Apabila kamu saat ini tertarik untuk memulai bisnis namun terkendala untuk modal, kamu bisa bergabung di Alfamind. 

Baca juga: Apa itu Alfamind, Cara Kerja & Keuntungan Store Owner Alfamind

Alfamind adalah platform usaha dari Alfamart yang membuka kesempatan bagi siapapun memiliki bisnis dan berjualan ribuan produk tanpa modal. Mulai dari peralatan masak, elektronik, hingga segala keperluan rumah tagga. Selain itu juga ada ribuan produk groceries Alfamart dan pulsa serta paket data.

Apa kelebihan berjualan di Alfamind?

  1. Kemudahan Packing & Pengiriman

Sebagai store owner, Anda tidak perlu mengurus stok, packing dan pengiriman produk karena pemrosesan pesanan dikelola oleh Alfamind.

  1. Model Bisnis yang Mudah Dijalankan

Keuntungan bergabung dengan Alfamind adalah adanya platform aplikasi yang sangat memudahkan pengguna untuk berjualan secara online. Anda bisa mengisi toko online Anda sendiri, membagikan produk dan melakukan transaksi dengan mudah.

  1. Skema Keuntungan Margin

Keuntungan store owner diperoleh dari selisih harga penjualan atau margin keuntungan. Anda bisa memperoleh margin penjualan langsung hingga 15%. Namun selain margin langsung, di Alfamind juga terdapat margin tambahan dan margin kuartal.

  1. Memperoleh Reward Menarik

Dapatkan berbagai reward menarik seperti smartphone, smart TV hingga paket liburan dengan menukarkan poin Alfamind yang diperoleh dari transaksi.

  1. Pendampingan Gratis

Tidak perlu takut apabila Anda tidak memiliki pengalaman berjualan karena ada coach yang siap mendampingi para store owner agar mahir menggunakan aplikasi dan berjualan

  1. Materi Edukasi

Selain pendampingan, Anda juga akan diberikan berbagai materi edukasi seputar strategi pemasaran, branding hingga personal selling. Materi-materi edukasi yang diberikan gratis.

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *