Alamat Alfamind

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

kelebihan Whatsapp Business

Kelebihan Whatsapp Business Untuk Maksimalkan Usaha Kamu!

Dunia bisnis yang kian kompetitif menuntut para pelakunya untuk bisa mengoptimalkan berbagai sarana komunikasi untuk mencapai kesuksesan bisnis. Aplikasi yang saat ini banyak dibicarakan karena fitur-fitur penunjang bisnisnya adalah Whatsapp Business. 

Whatsapp Business adalah inovasi yang dibuat khusus untuk para pemilik bisnis baik skala kecil sampai skala besar untuk membantu mempromosikan produk lebih efektif & membangun interaksi yang lebih baik dengan pelanggan.

Fitur pesan instan yang bisa merespon pertanyaan konsumen secara cepat merupakan salah satu fitur yang akan kamu temukan di Whatsapp Business. Selain itu, masih banyak fitur yang bisa kamu coba untuk mendorong kemajuan bisnismu.

kelebihan whatsapp business

Apa Perbedaan Whatsapp Business & Whatsapp Biasa?

Perbedaannya terletak di fitur-fitur yang tersedia. Aplikasi Whatsapp lebih ditujukan untuk komunikasi pribadi secara lebih privat sehingga tidak ada fitur-fitur pemasaran. 

Sementara Whatsapp Business dirancang dengan fitur-fitur tambahan yang lebih lengkap untuk mendukung kegiatan pemasaran. Kelebihan Whatsapp Business ini memungkinkan kamu untuk meningkatkan pengalaman pelanggan sekaligus menghemat waktu serta tenaga pemilik bisnis.

Kenapa Harus Whatsapp Business?

Dilansir dari survei Statista.com, 85% konsumen lebih suka mengirimkan pesan secara langsung kepada brand. Jelas diperlukan sebuah alat komunikasi yang memiliki fitur profesional untuk mengelola komunikasi pelanggan dengan jumlah yang banyak.

Kelebihan Whatsapp Business adalah pada fitur-fiturnya yang difungsikan untuk memaksimalkan kegiatan bisnis yang tidak dimiliki oleh Whatsapp pada umumnya. 

6 Kelebihan Whatsapp Business

Berikut adalah beberapa kelebihan Whatsapp Business untuk bisnis kamu:

1. Pesan Otomatis

Fitur ini memungkinkan kamu memberikan respon yang cepat kepada pelanggan ketika mereka mengirimkan pertanyaan, atau meminta informasi lainnya.

Kamu bisa mempersiapkan template jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen kamu. Fitur ini bisa digunakan diluar jam operasional bisnis sehingga konsumenmu tetap bisa berinteraksi kapanpun.

2. Profil Bisnis yang Bisa Dikustomisasi

Kamu bisa mengisi profil bisnis dengan berbagai informasi penting seperti nama, link social media/website, jam operasional hingga alamat kantor. 

Profil bisnis ini bisa memudahkan konsumenmu memperoleh informasi yang mereka butuhkan dengan mudah. Selain itu fitur ini juga dapat menambah kesan profesional pada bisnismu.

3. Broadcast

Ingin membagikan rekomendasi produk atau informasi lainnya kepada banyak orang sekaligus? 

Fitur ini jawabannya. Kelebihan Whatsapp Business adalah kamu bisa menggunakan fitur broadcast untuk mengirimkan pesan yang sama pada banyak konsumenmu dalam satu waktu. Gunakan fitur ini untuk mempromosikan produkmu atau memberikan informasi penting lainnya untuk konsumenmu.

4. Katalog Produk

Pengguna Whatsapp Business bisa mempromosikan produk dengan membuat katalog yang ditampilkan di profil bisnis. Kamu bisa mencantumkan harga, deskripsi produk, link produk dan kode produk kamu hingga maksimal 500 produk.

Fitur ini juga memungkinkan konsumenmu untuk membagikan produkmu kepada teman mereka.

5. Fitur Analitik

Fitur analitik adalah kelebihan Whatsapp Business yang memungkinkan kamu untuk menganalisis data dan memperoleh informasi aktivitas bisnis. 

Kamu bisa melacak metrik penting seperti jumlah pesan yang dikirim, diterima, dibaca, waktu respon hingga jumlah konsumen baru. Hal ini membantumu menyimpulkan efektivitas kampanye pemasaran yang dijalankan sekaligus mengevaluasi bagian yang harus diperbaiki.

6. Penggunaan Akun Pada Dua Perangkat Atau Lebih

Kelebihan Whatsapp Business lainnya adalah kamu bisa menggunakan aplikasinya pada dua perangkat berbeda atau lebih. Jadi kamu bisa bekerja sama dengan temanmu untuk memberikan respon yang lebih cepat kepada konsumen.

Whatsapp Business adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang menjalankan bisnis dari skala kecil, menengah, hingga besar. Aplikasi ini memungkinkan kamu menjalankan promo yang lebih massif dan berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan.

Whatsapp Business saat ini menjadi pilihan aplikasi yang banyak digunakan oleh para pemilik bisnis. Bahkan saat ini banyak pemilik bisnis tanpa modal telah sukses memasarkan produknya dengan Whatsapp Business.

Jika kamu tertarik memiliki bisnis tanpa modal yang bisa menjual berbagai produk seperti peralatan rumah tangga, peralatan masak, hingga produk elektronik, kamu bisa bergabung di Alfamind.

Baca Juga: Apa itu Alfamind, Cara Kerja & Keuntungan Store Owner Alfamind

Di Alfamind, kamu bisa menjalankan bisnis dengan mudah. Kamu cukup memasarkan produk yang sudah disediakan dan memperoleh keuntungan dari penjualan produk tersebut.

Selain itu, kamu tidak perlu melakukan pengiriman barang dan packing karena semua sudah dikelola oleh tim Alfamind. Download aplikasinya di Google Playstore.

Sumber:

Statista (2024). Most popular global mobile messenger apps as of April 2024, based on number of monthly active users. Diakses dari https://www.statista.com/statistics/258749/most-popular-global-mobile-messenger-apps

Whatsapp (2024). Perbedaan Antara WhatsApp dan WhatsApp for Business. Diakses dari https://business.whatsapp.com/whatsapp-vs-whatsapp-business?lang=id_ID

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *