Alamat Alfamind

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

repeat order

5 Cara Meningkatkan Repeat Order Paling Ampuh!

Ketika menjalankan sebuah bisnis, para pelaku bisnis tidak semata mencari konsumen & mendorong terjadinya transaksi. Membangun konsumen yang setia dan mau terus melakukan pembelian ulang tentu jauh lebih berharga.

Banyak cara yang dilakukan pelaku bisnis untuk meningkatkan repeat order atau pembelian ulang atas produk yang dijual. Hal ini sangat menguntungkan pelaku bisnis karena mereka tidak perlu lagi memperkenalkan produk dari awal. Selain itu kepercayaan konsumen juga akan terbentuk dari repeat order.

Simak informasi selengkapnya tentang apa itu repeat order, cara meningkatkan repeat order serta cara menghitung repeat order.

Apa itu Repeat Order?

Repeat Order adalah pembelian kembali sebuah produk oleh konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian sebelumnya. Repeat order umumnya dilakukan karena adanya kepuasan konsumen dari produk atau layanan yang dibeli. Hal ini menjadi pertanda bahwa konsumen merasa puas atas produk & pelayanan yang diberikan.

Ketika terjadi pembelian yang berulang, maka pendapatan bisnis akan lebih stabil. Selain itu repeat order sekaligus juga menghemat biaya pemasaran karena bisnis tidak perlu banyak mengalokasikan dana untuk mengenalkan kembali produk pada konsumen.

Mengapa Repeat Order Penting?

Dilansir dari Forbes, 65% bisnis perusahaan berasal dari pelanggan yang sudah ada. Fakta ini menunjukkan bahwa keberlangsungan bisnis sangat bergantung pada pelanggan setia yang melakukan repeat order. 

Selain itu ada beberapa alasan mengapa repeat order itu penting:

  1. Meningkatkan Profitabilitas

Mendapatkan pelanggan baru lebih membutuhkan biaya dibandingkan mempertahankan pelanggan setia. Pelanggan setia akan lebih berpeluang melakukan repeat order tanpa memerlkukan biaya pemasaran yang tinggi.

  1. Memperkuat Kepercayaan Konsumen

Repeat order menjadi pertanda bahwa konsumen percaya terhadap produk atau layanan bisnis. Kepercayaan menjadi bekal untuk membuat konsumen menjadi pelanggan jangka panjang. 

  1. Meningkatkan Promosi Word of Mouth (Mulut ke Mulut)

Pelanggan yang melakukan pembelian ulang cenderung akan memberikan testimoni positif tentang pengalaman belanja atau produk yang dikonsumsi. Bukan tidak mungkin pelanggan akan membagikan testimoni tersebut pada orang terdekatnya sehingga menjadi ‘pemasaran’ gratis bagi bisnis.

  1. Mudah Memperkenalkan Produk Baru

Pelanggan yang sudah pernah melakukan pembelian berulang tentu akan lebih akrab dan memiliki basis kepercayaan sehingga lebih terbuka pada informasi baru tentang bisnis.

Baca Juga: 6 Tips Jualan Online di Whatsapp, Bikin Bisnis Makin Laris!

Cara Meningkatkan Repeat Order

Pelanggan setia adalah mereka yang tetap menggunakan produk Anda dalam waktu yang lama. Mereka cenderung memiliki jumlah yang sedikit sehingga perlu strategi yang efektif untuk menjaga atau meningkatkannya. Berikut cara meningkatkan repeat order:

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Pengalaman atas proses belanja dan kualitas produk sangat menentukan keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian ulang. Sebagai pelaku bisnis, kita wajib memberikan pelayanan paling optimal. 

Mulai dari kemudahan dalam proses pemesanan, kecepatan respon, kecepatan pengiriman, dan kemampuan menangani keluhan dengan baik. 

  1. Membuat Program Loyalitas

Program loyalitas, seperti sistem poin, diskon khusus, atau hadiah bisa mendorong pelanggan untuk melakukan repeat order. Program ini membuat pelanggan merasa lebih dihargai dengan adanya insentif-insentif.

  1. Personalisasi Penawaran

Cobalah menggali data pelanggan sehingga kamu bisa memberikan penawaran yang relevan dengan kebutuhan mereka. Berikan rekomendasi produk yang sesuai minat, hobi atau preferensi pelanggan.

  1. Follow Up Setelah Pembelian

Kirimkan pesan setelah pelanggan membeli produk untuk memastikan mereka merasa puas. Kamu bisa lakukan survei singkat tentang bagaimana pengalaman belanja mereka atau kualitas produk yang mereka terima. Tawarkan juga beberapa produk pelengkap lain yang bisa mendukung pembelian sebelumnya.

  1. Gunakan Ulasan Positif

Bagikan ulasan positif dari pelanggan sebelumnya di media sosial atau website kamu. Ulasan positif bisa membantu kamu meningkatkan kepercayaan pada bisnis kamu sehingga membantu terjadinya pembelian berulang.

Cara Menghitung Repeat Order

Repeat purchase rate merupakan persentase pelanggan yang kembali untuk melakukan pembelian ulang. Cara untuk menghitungnya adalah dengan membagi jumlah pelanggan yang melakukan repeat order dengan jumlah pelanggan keseluruhan. Berikut rumusnya:

Contohnya ketika kamu memiliki total 500 pelanggan dan 100 diantaranya sudah pernah melakukan pembelian lebih dari satu kali. Maka repeat purchase rate kamu adalah: (100/500)x100 = 20%

Sumber: Kappel, M. (2019). How To Spice Up Your Marketing Strategy. Forbes.

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *