Alamat Alfamind

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

konten promosi bisnis di instagram

10 Ide Konten Promosi Instagram Paling Cocok Untuk Bisnis !

Saat sedang scroll Instagram, pernahkah kamu pernah melihat konten viral yang menghibur dan diakhiri dengan promosi sebuah produk? 

Itu adalah salah satu contoh konten promosi Instagram yang kini banyak diterapkan pemilik bisnis. Konten promosi Instagram merupakan salah satu cara ampuh untuk membantu memasarkan produk. Selain meningkatkan visibilitas bisnis, promosi di Instagram juga bisa meningkatkan angka penjualan.

Konten promosi Instagram perlu direncanakan secara matang agar selaras dengan target bisnis dan calon konsumen. 

Jika kamu bingung ide konten apa yang cocok untuk promosi bisnis, simak beberapa ide konten yang bisa kamu terapkan berikut ini:

1. Poster Produk

Konten poster produk adalah cara hard selling dengan menunjukkan tampilan produk secara lebih detail. Poster kamu sebaiknya memuat informasi seperti nama produk, harga, diskon sampai fitur produk.

Pastikan beberapa hal ini sebelum kamu mempublikasikan poster:

  • Angle atau sudut pandang gambar produk menarik
  • Pastikan pencahayaannya cukup terang dan tidak gelap
  • Pastikan gambar produk memiliki resolusi tinggi
  • Tulisan jelas dan mudah dibaca

2. Giveaway

Untuk membangun interaksi dengan konsumen, kamu bisa membuat aktivitas di Instagram berupa games atau giveaway. Ajak konsumenmu mengikuti giveaway dengan beberapa persyaratan seperti wajib follow, memberikan like atau repost konten Instagram bisnismu.

Kamu bisa membuat konten promosi Instagram berupa berupa games sederhana seperti tebak produk, cari kata, jawab pertanyaan.

Agar semakin menarik, kamu bisa tambahkan hadiah untuk memacu keterlibatan audiens. Dengan konten giveaway, kamu bisa menambah followers sebagai calon konsumenmu.

3. Review Produk

Konten review produk berfungsi untuk mendeskripsikan produk secara detail sehingga konsumen memiliki gambaran yang lebih jelas tentang produkmu. Konten review sebaiknya memuat informasi tentang beberapa hal dasar seperti:

  • Fungsi dan kegunaan produk
  • Keunggulan produk
  • Cara menggunakan produk
  • Tampilan produk
  • Varian yang tersedia

4. Testimoni Produk

Salah satu cara membangun kepercayaan pelanggan adalah dengan membagikan konten testimoni. Testimoni diperoleh dari ulasan-ulasan positif dari konsumen seputar produk dan layanan bisnis.

Ketika calon konsumen melihat ulasan positif, maka kepercayaan terhadap bisnis akan terbangun. Pastikan beberapa hal ketika membuat konten testimoni:

  • Cari ulasan-ulasan yang menarik
  • Minta izin kepada konsumen yang memberikan ulasan untuk tetap menjaga privasi
  • Screenshot atau copy ulasan konsumen dan olah dengan desain yang menarik

5. Perbandingan Produk

Ketika kamu memiliki beberapa produk yang mirip, kamu bisa membuat konten promosi Instagram berupa perbandingan produk untuk menjelaskan perbedaan produk atau layanan kamu.

Buatlah perbandingan dua produk dan jelaskan poin-poin perbedaannya, mulai dari fungsi hingga spesifikasi lainnya.

Dengan begitu, konsumen jadi lebih mudah dalam membuat keputusan pembelian.

6. Re-Create Tren

Salah satu cara meningkatkan jangkauan konten adalah membuat konten tersebut relevan dengan tren yang berkembang. Ketika kamu mengikuti tren, maka kesempatan kontenmu dilihat oleh banyak orang akan semakin besar.

Kamu bisa cari konten yang sedang tren di Instagram Reels dan duplikasi konten tersebut versi kamu. Pastikan konten tren yang kamu buat tetap mencantumkan produk atau bisnis kamu.

Baca Juga: Cara Jualan Online Tanpa Modal

7. Rekomendasi Produk Terlaris

Konten produk terlaris bertujuan untuk memberitahukan produk-produk dengan yang penjualan tertinggi dalam periode waktu tertentu. 

Melalui konten ini, kamu bisa menciptakan perasaan FOMO (Fear Of Missing Out) atau perasaan ketika konsumen merasa tertinggal dari hal-hal yang sedang ramai diperbincangkan.

Kamu bisa buat poster yang menampilkan urutan produk-produk terlaris. Pastikan nama produk dan harga tertera dengan jelas.

8. Before After

Cara membuktikan keunggulan produk adalah dengan konten promosi Instagram Before After. Tunjukkan perubahan positif yang dialami konsumenmu sebelum & setelah menggunakan produkmu.

Hal ini bisa menjadi bukti konkret bahwa produk yang kamu jual memiliki dampak positif yang nyata. 

Misalnya ketika kamu menjual skincare, tunjukkan perubahan wajah konsumen yang semakin membaik 1 bulan setelah menggunakan produkmu.

9. Tips & Tricks

Konten tips & trick membahas tentang tips melakukan sesuatu yang masih berhubungan dengan produk yang kamu jual. Konten tips & trick cenderung disukai karena memberikan informasi tambahan yang menambah wawasan konsumen.

Buatlah konten tips & trick dengan poin-poin yang sederhana dan pastikan tips dan trick tersebut mudah diterapkan.

Contohnya ketika kamu menjual teflon anti lengket, berikan tips menjaga agar lapisan anti lengket di teflon tidak cepat rusak.

10. QnA (Questions & Answers)

Konten promosi Instagram yang terakhir adalah QnA (Questions & Answers) atau tanya jawab. Buatlah sebuah sesi tanya jawab di Instagram di mana kamu membuka kesempatan followers untuk bertanya seputar produk.

Manfaatkan fitur-fitur di IG Story seperti stiker interaktif ‘question’ sehingga kamu bisa langsung menjawab pertanyaan tersebut.

Pastikan jawaban yang kamu berikan jelas dan tidak bertele-tele.

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *