Alamat Alfamind

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

6 Tips Jualan Online di Whatsapp, Bikin Bisnis Makin Laris!

Dari sekian banyak media sosial, Whatsapp menjadi salah satu yang banyak dipilih para pemilik bisnis untuk berjualan. Selain karena punya basis pengguna yang luas, Whatsapp dinilai cocok untuk berbisnis karena adanya fitur-fitur yang menunjang kegiatan promosi. Cara jualan online di Whatsapp juga sederhana dan mudah dioperasikan.

Terlebih saat ini Whatsapp telah meluncurkan aplikasi khusus untuk berjualan yaitu Whatsapp Business. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pengalaman konsumen sekaligus membuat aktivitas promosi lebih efektif. 

Tips Jualan Online di Whatsapp:

Ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan ketika menjalankan promosi di Whatsapp. Berikut adalah beberapa tips jualan online di Whatsapp:

1. Daftar Akun Whatsapp Business

Tips jualan online di Whatsapp yang pertama adalah dengan membuat dan mendaftar akun Whatsapp Business. Sebaiknya gunakan nomor khusus yang berbeda dengan nomor pribadi kamu.

Hal ini bertujuan untuk membantumu lebih fokus pada keperluan bisnis dan pesan-pesan yang masuk tidak tercampur dengan pesan pribadi.

Baca Juga: Kelebihan Whatsapp Business Untuk Maksimalkan Usaha Kamu!

2. Manfaatkan Fitur Katalog

Sumber: Business.Whatsapp.com

Kelebihan Whatsapp Business adalah kehadiran fitur katalog, di mana kamu bisa menampilkan berbagai produk yang lengkap dengan deskripsi serta harga dengan tampilan yang rapih.

Tips jualan online di Whatsapp dengan fitur katalog adalah:

  • Buka Whatsapp Business
  • Klik menu ‘Setting’ dan klik opsi ‘Katalog’
  • Unggah foto produk dan isi deskripsi dan harga

3. Buat Konten Promosi yang Menarik Whatsapp Story

Agar kamu bisa membangun minat calon konsumen, diperlukan konten promosi yang menarik. Kamu bisa berkreasi membuat konten yang kreatif dan tidak terkesan kaku. 

Beberapa konten yang bisa kamu coba adalah review produk, tips n trick, poster produk dan rekomendasi produk. Pastikan konten tersebut bisa menjawab permasalahan yang dialami konsumen. 

4. Cantumkan Call To Action (CTA)

CTA adalah elemen penting yang harus ditambahkan di berbagai media promosi kamu. Fungsinya adalah mengarahkan konsumen kamu untuk melakukan tindakan-tindakan yang kamu inginkan, misalnya mem-follow hingga melakukan transaksi pembelian.

Pastikan CTA yang kamu gunakan singkat (2-3 kata) dan punya intensi yang jelas. Contohnya: “Download sekarang juga!” , “Checkout sebelum kehabisan”

5. Berikan Pelayanan Prima untuk Konsumen

Tips jualan online di Whatsapp yang selanjutnya adalah memberikan pelayanan prima. Caranya dengan memastikan kamu memberikan respon yang ramah dan cepat ketika ada yang menghubungi. 

Ketika calon konsumen memperoleh pelayanan yang ramah dan respon cepat, maka potensi untuk melakukan transaksi semakin besar.

6. Follow Up Konsumen untuk Mendorong Repeat Order

Tips jualan online di Whatsapp yang terakhir adalah melakukan follow up. Sebuah bisnis harus bisa menjaga hubungan baik dengan konsumen yang sebelumnya pernah berbelanja. Tujuannya agar terjadi transaksi yang berulang (repeat order).

Cara agar kamu tetap terhubung dengan konsumen setelah transaksi terjadi adalah:

  • Ungkapkan rasa terima kasih setelah konsumenmu melakukan transaksi agar mereka merasa spesial & diperhatikan
  • Tanyakan pengalaman yang mereka rasakan saat menggunakan produk
  • Berikan informasi diskon atau penawaran menarik lainnya sehingga mereka kembali tertarik untuk membeli

Nah itu adalah 6 tips jualan online di Whatsapp yang bisa diterapkan di bisnis kamu. Semoga tips ini bisa membantu Sobat semua untuk semakin mengembangkan bisnis online.

Jika kamu tertarik untuk memulai usaha online, kamu bisa bergabung menjadi store owner Alfamind. Alfamind merupakan platform social commerce dari Alfamart yang membuka kesempatan bagi kamu untuk memiliki bisnis online tanpa modal.

Kamu bisa menjual ribuan produk mulai dari peralatan rumah tangga, elektronik, peralatan olahraga dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menjual produk groceries Alfamart serta pulsa & paket data. Margin keuntungannya juga menarik, hingga 15%.

Jika kamu tertarik, yuk bergabung dengan klik tombol di bawah!

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *